Kampus

PENGABDIAN MASYARAKAT FT UMJ PENGHUJUNG TAHUN 2017

PENGABDIAN MASYARAKAT FT UMJ BERSAMA LPPA AISYIYAH DKI JAKARTA, UPK PPUKMP PULOGADUNG, KELURAHAN PUL

Yandi Arien | Selasa, 02 Januari 2018 - 10:57:51 WIB | dibaca: 3846 pembaca

PENGMAS FT UMJ

Di penghujung tahun 2017 kemarin, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta bersama dengan LPPA AISYIYAH DKI JAKARTA, UPK PPUKMP PULOGADUNG, KELURAHAN DAN LMK PENGGILINGAN serta OK OCE CAKUNG  telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk Program Pengabdian Masyarakat. Tema yang diangkat yaitu “BERDAYA DI KAMPUNG UKM PENGGILINGAN “.

Telah ada sejak tahun 1970, Nama Perkampungan Industri Kecil (PIK) Penggilingan – Pulogadung, Jakarta Timur tak asing bagi sebagian besar orang. Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (UMKMP) Provinsi DKI Jakarta, menyatakan, di PIK Pulogadung ada sekitar 600 industri kecil. Sebanyak 25 persennya dari mereka merupakan pedagang. Industri kecil di PIK rata-rata berbentuk seperti rumah toko (ruko). Produknya diproduksi langsung di lokasi itu, lalu dijajakan di toko-toko yang juga berada di sana. Walau ada juga yang berbentuk pabrik dengan bangunan cukup besar. 

Dibentuknya PAKARTI (PUSAT  AFILIASI, KAJIAN, DAN RISET TEKNOLOGI) FT-UMJ dalam salah satu tujuannya adalah Meningkatkan kualitas dan kuantitas Sinergi/ Kerjasama Riset dan Pengabdian Masyarakat antara Dosen / Peneliti dengan Lembaga Negara maupun Swasta. Sehingga menghasilkan penelitian yang terintegrasi sesuai dengan isu, topik dan permasalahan di masyarakat dan menghasilkan Abdimas berbasis riset dengan luaran publikasi ilmiah, serta kerjasama untuk membantu menyelesaikan masalah bagi mitra produktif dan non produktif. 

Melalui strategi Observasi dan Pemetaan Kebutuhan /Permasalahan dan Kompetensi, bahwa untuk PIK Penggilingan – Pulau Gadung ditemukan beberapa permasalahan seperti permasalahan pengolahan limbah, dan  produk unggulan yang kurang dikembangkan. Melalui observasi tersebut juga tim PAKARTI FT-UMJ menemukan bahwa ada begitu banyak peluang-peluang usaha baru yang bisa dilahirkan.

Seluruh Program Studi di FT-UMJ ikut terlibat dalam program Pengabdian Masyarakat dengan PIK Penggilingan – Pulau Gadung ini. Khusus untuk Program Studi Teknik Kimia sendiri terlibat dalam pelaksanaan beberapa program pengabdian masyarakat yaitu ; 

1.     Teknologi Pengolahan Minuman Segar dalam Kemasan dengan Umur simpan Panjang (Pasteurisasi, Sterilisasi)

2.      Pengenalan Bahan Pengawet Aman dan Kemasan

3.      Produksi Bersih dan Produk Halal

4.      Pengelolaan Limbah dan Air dan penataan kawasan UKM.